Senin, 21 September 2015

soal soal koloid

SOAL: KIMIA
KLS/SEM: 2/2                                 
SIFAT UJIAN : TERTUTUP

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat ! Jangan lupa Berdoa dan memulai dari yang mudah .
1.       Diketahui nomor atom unsur karbon, oksigen, natrium, belerang dan kalsium berturut-turut adalah 6, 8, 11, 16 dan 20.  Unsur yang mempunyai jumlah elektron valensi paling sedikit adalah . . . .
A.                              karbon
B.      oksigen
C.      natrium
D.      belerang
E.       kalsium

2.       Konfigurasi elektron unsur X:  (Ar)  3d3  4s2
Dalam sistem periodik, unsur X tersebut terletak pada periode dan golongan . . .
A.      3 dan IIA
B.      3 dan IIIB
C.      4 dan IIA
D.      4 dan IIIB
E.       4 dan VB

3.       Perhatikan gambar berikut:








Ikatan kovalen dapat terbentuk antara pasangan unsur . . . .
A.      P dengan R
B.      P dengan S
C.      S dengan Q
D.      S dengan T
E.       P dengan S

4.       Diketahui nomor atom unsur F = 9 dan I = 53.  Maka geometri dan kepolaran molekul IF3 adalah . . . .
A.      segi tiga sama sisi, non polar
B.      tetrahedron, non polar
C.      planar bentuk T, polar
D.      piramida trigonal, polar
E.       bipiramida trigonal, non polar




5.       Perhatikan reaksi redoks berikut:
2KMnO4(aq) + 8H2SO4(aq) + 10KCl(aq)
                                                        ®  2MnSO4(aq) + 6K2SO4(aq) + 5Cl2(aq) + 8H2O(aq)
Zat yang merupakan oksidator dan hasil oksidasi pada reaksi tersebut adalah . . . .
        Oksidator                               Hasil oksidasi
A.    KMnO4                                   MnSO4
B.     H2SO4                                      K2SO4
C.     KMnO4                                   Cl2
D.    KCl                                          MnSO4
E.     KCl                                          Cl2          
       
6.       Seorang siswa melakukan pengujian terhadap suatu sampel air limbah dan memperoleh data sebagai berikut:
No.
Idikator yang digunakan
Trayek pH indikator
Warna sampel + indikator
1
Metil merah
4 – 6 (merah-kuning)
Kuning
2
Metil jingga
2 – 4 (merah – kuning)
Kunimg
3
Bromtimol biru
6,2 – 7,6 (kuning – biru)
Biru
4
Fenolftalein
8,3 – 10 (tidak berwarna – merah)
Tidak berwarna
        Berdasarkan data yang diperoleh, pH sampel air tersebut adalah sekitar . . . .
A.      4
B.      6
C.      7
D.      8
E.       10

7.       Suatu larutan basa lemah MOH mempunyai konsentrasi 0,1M. Jika harga Kb basa lemah tersebut 1 x 10–5, maka pH larutan tersebut adalah . . . .
A.      1
B.      3
C.      5
D.      11
E.       13


8.     Perhatikan beberapa proses kegiatan sehari-hari:
(1). Proses cuci darah
(2). Pemisahan debu pada cerobong asap
(3). Terjadinya delta di muara sungai
(4). Sorot lampu bioskop
(5). Penjernihan campuran putih telur dengan gula pasir
Proses kegiatan seharí-hari yang termasuk koagulasi pada koloid adalah ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

9. Seorang siswa akan menentukan pH larutan dengan beberapa larutan indikator  berikut:

Larutan Indikator
Trayek pH
Trayek Warna
Metil merah
4,2 – 6,3
Merah – kuning
Phenolftalein
8,3 – 10,0
Tidak berwarna - merah
Brom timol biru
6,0 – 7,6
Kuning – biru

10.   Bila larutan yang diuji ternyata mempunyai pH antara 7,6 sampai 8,3 Maka perubahan       warna yang tepat pada masing-masing larutan indikator yang digunakan adalah ....


Metil merah
phenolftalein
Brom Timol Biru
a.
Kuning
Tidak berwarna
Kuning
b.
Kuning
Tidak berwarna
Biru
c.
Kuning
Merah
Biru
d.
Merah
Tidak berwarna
Kuning
e.
Merah
Merah
Kuning


11. Perhatikan gambar titrasi larutan NaOH dengan H2SO4 berikut ini:
 













Volume larutan yang terdapat dalam labu Erlenmeyer 20 mL dengan konsentrasi 0,1 M. Bila larutan yang keluar dari buret seluruhnya 10 mL, maka konsentrasi larutan dalam buret adalah ....
a. 0,05 M
b. 0,10 M
c. 0,15 M
d. 0,20 M
e. 0,30 M


Gunakan wacana berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.

12. Seorang siswa melakukan 5 kali proses pencampuran asam dengan basa:

Perobaan
NH3  0,2 M
HCl 0,2 M
1
10 mL
10 mL

2
10 mL
20 mL

3
20 mL
10 mL

4
20 mL
25 mL

5
25 mL
25 mL

(Kb NH3 = 1 x 10-5 )

13.   Percobaan yang menghasilkan larutan penyangga adalah ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
e. 4 dan 5


14.   pH larutan yang dihasilkan pada percobaan (1) adalah ....
     a. 1 – log 2
     b. 5 – log 1
     c. 6 – log 2
     d. 7 – log 1
     e. 9 – log 1

15. Berikut ini beberapa sifat yang menunjukkan reaksi eksoterm atau endoterm:
     (1). Menyerap kalor dari lingkungan
     (2). Menyerap kalor dari sistem
     (3). Suhu lingkungan bertambah
     (4). Suhu lingkungan berkurang
     Pasangan sifat yang menunjukkan reaksi endoterm adalah ....
     a. 1 dan 2
     b. 1 dan 3
     c. 1 dan 4
     d. 2 dan 3
     e. 2 dan 4

16. Seorang siswa melakukan percobaan penentuan Δ H reaksi menggunakan gelas yang terbuat dari stereoform dengan rangkaian alat percobaan sebagai berikut:

         
     Bila 2,2 gram (Mr = 40) dilarutkan dalam 50 gram air dapat meningkatkan suhu menjadi 28 0C . Kalor jenis air 4,2 J .          
     Besarnya perubahan entalpi ( Δ H)dari reaksi ini adalah ....
     a. 
     b.
     c.
     d.
     e.  

17. Perhatikan data eksperimen penentuan laju reaksi dengan persamaan reaksi berikut:
          A  + B C
(1). Jika konsentrasi zat A tetap, konsentrasi zat B dinaikkan dua kali dari semula, maka laju reaksi empat kali lebih cepat dari semula.
(2). Jika konsentrasi zat B di buat tetap, konsentrasi zat A dinaikkan dua kali dari semula, maka laju reaksi dua kali lebih cepat dari semula
Jika laju reaksi mula – mula adalah X mol L-1 s-1 , konsentrasi zat A = 2 mol/L dan konsentrasi zat B = 3 mol/L, maka besarnya laju reaksi adalah ....
a. 6
b. 9
c. 12
d. 18
e. 36

18. Seorang siswa mengamati banyaknya gas yang dihasilkan dari reaksi :
     CaCO3  + HCl  CaCl2 + CO2 + H2O
     Faktor yang berpengaruh terhadap banyaknya gas yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah ....
     a. luas permukaan CaCO3
     b. alat penampung gas yang dihasilkan
     c. ukuran wadah yang digunakan
     d. Volume HCl yang digunakan
     e. Suhu sistem


19. Pada suhu tertentu belerang trioksida yang merupakan bahan baku pembuat asam sulfat terurai membentuk belerang dioksida dan oksigen dengan reaksi kesetimbangan   2 SO3 (g) 2 SO2 (g) + 3 O2 (g)
     Untuk memperoleh molekul SO3 sebanyak mungkin, maka perlakuan yang harus diberikan pada sistem ini adalah ....
     a. tekanan diperbesar
b. volume diperbesar
c.  gas SO2 dipisahkan
d. gas O2 dipisahkan
e. suhu dinaikkan

20. Diketahui persamaan reaksi :
     CH3COOH (aq ) + NaOH (aq ) à CH3COONa (aq) + H2O (l)
Diketahui Ar. C=12,  =16, H=1, Na=23 . Jika 1 liter larutan mengandung 0,5 mol CH3COOH dan 0,1 mol NaOH maka massa garam yang terbentuk adalah ... .
A.    3,3 gram
B.    4,1 gram
C.    8,2 gram
D.    16,4 gram
E.    32,8 gram

21. Satu liter larutan mengandung 0,5 mol CH3COOH ( Ka= 10-5 ) dan 0,1 mol NaOH mempunyai pH yaitu... .
A. 5
B.      5 – log 5
C. 5 – log 4
D. 9 – log 5
E.  9

22. Perhatikan beberapa garam berikut :
      1. CH3COONa
      2. NH4Cl
      3. K2SO4
      4. (NH4)2SO4
      5. CH3COONH4
      Garam yang mengalami hidrolisis sebagian adalah... .
A.      1,2, dan 3
B.1,2, dan 4
C.2,3, dan 4
D.2,3, dan 5
E. 3,4, dan 5
23. Beberapa contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari :
1.                           pengolahan getah karet
2.                           pembentukan delta di muara sungai
3.                           proses cuci darah
4.                           penanganan asap pabrik
5.                           norit untuk obat diare
Sifat adsorpsi dan koagulasi koloid ditunjukkan dalam contoh berturut-turut adalah….
  1. 5 dan 4                                                         D.       2 dan 3
  2. 4 dan 5                                                         E.       1 dan 2
  3. 3 dan 4




=SEMOGA SUKSES=
BY: SAIBAHTUL HIDAYAH S.Pd.M.Pd


1 komentar:

  1. Review and a VIP Casino Site
    Discover the best online casino in the Philippines! 카지노사이트 We cover the 바카라 most trusted and 메리트 카지노 reputable casinos in the Philippines in 2021. Play for real, with our

    BalasHapus